21 Februari 2010

MISI - VISI SMP NEGERI 4 PAKENJENG - GARUT

Visi, Misi, dan Tujuan SMPN 4 PAKENJENG
1. Visi Sekolah
Sekolah sebagai unit penyelenggaran pendidikan memperhatikan perkembangan tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu, sehingga memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang dinginkan dimasa yang akan datang yang dirumuskan dalam visi sekolah sebagai berikut:
‘Mewujudkan Sekolah yang Ramah; Cerdas, Terampil dan Berakhlaqul Karimah’
Visi tersebut tersebut berorientasi jangka pendek, menengah dan dan panjang serta menjadi pedoman dan panduan bagi civitas akademika SMPN 4 PAKENJENG dalam mencapai tujuan sekolah dengan indikator:
1) Terwujudnya lulusan yang cerdas dan terampil
2) Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien
3) Terwujudnya manajemen dan kelembagaan sekolah yang tangguh
4) Terwujudnya pendidikan yang murah dan berkualitas
5) Menjunjung tinggi nilai agama dan budaya serta memiliki kepedulian lingkungan
2. Misi Sekolah
Untuk mewujudkan visi SMPN 4 Pakenjeng tersebut diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas dengan rumusan sebagai berikut:
1) Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi siswa.
2) Menciptakan suasana pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan
3) Menciptakan manajemen sekolah yang efektif dan efesien
4) Melaksanakan penyelenggaraan pendidikan yang murah dan berkualitas
5) Mengembangkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional
6) Menanamkan nilai-nilai agama dan budaya untuk membentuk budi pekerti yang baik bagi kehidupan sekolah dan lingkungan sekitar
7) Mengembangkan peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan pendidikan.

3. Tujuan Sekolah
Berdasarkan visi dan misi sekolah, maka tujuan yang hendak dicapai SMPN 4 Pakenjeng antara lain sebagai berikut:
1) Terlaksananya Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) komponen sekolah (Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan siswa)
2) Terlaksananya pengembangan KURIKULUM SMPN 4 PAKENJENG pada tahun 2009 dan
3) Penyusunan RPP pada semua mata pelajaran dan sistem penilaian berbasis kompetensi
4) Melaksanakan Standar Isi (kurikulum) dan standari proses pembelajaran pada tahun 2009
5) Terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah
6) Melaksanakan kegiatan dan meraih prestasi dibidang pengembangan diri
7) Memiliki kepribadian yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat
8) Warga sekolah memiliki kesadaran terhadap pelestarian lingkungan hidup
9) Terlaksananya kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha dalam pengembangan pendidikan

B. Muatan Kurikulum
1. Mata pelajaran
Mata pelajaran beserta alokasi waktu pembelajaran berpedoman pada struktur kurikulum.
• Pendidikan Agama Islam
Tujuan : memberi wawasan terhadap keberagaman agama di Indonesia dan meningkatkan keimanan dan ketakwaaan siswa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa

• Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan : memberikan pemahaman terhadap siswa tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara serta pentingnya penanaman rasa persatuan dan kesatuan

• Bahasa Indonesia
Tujuan : membina keterampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat mengggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap iptek

• Bahasa Inggris
Tujuan : membina keterampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan iptek dalam menyongsong era globalisasi

• Matematika
Tujuan : memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan iptek

• IPA Terpadu
Tujuan : memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan iptek

• IPS Terpadu
Tujuan : memberikan pengetahuan sosiokultural masyarakat majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyararakat dan memiliki keterampilan hidup secara mandiri

• Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan : menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan keterampilan dalam bidang olahraga serta menanamkan rasa sportivitas, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri pada siswa

• Seni & Budaya (Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari dan Seni Teater)
Tujuan : mengembangkan apresiasi seni, daya kreasi dan kecintaan pada seni budaya nasional

• Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan : memberikan keterampilan dibidang teknologi informatika dan keterampilan elektronika yang sesuai dengan bakat dan minat siswa

Pilihan mata pelajaran ini di mungkinkan dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dan kehidupan masyarakatnya yang menunjang program pembelajaran tersebut diatas. Pembelajaran setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam susana yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat antara peserta didik dan pendidik. Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada perseta didik. Guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik agar mampu belajar secara aktif, baik fisik maupun mental. Selain itu, dalam pencapaian setiap kompetensi pada masing-masing mata pelajaran diberikan secara Kontektual dengan memperhatikan perkembangan kekinian dari berbagai aspek kehidupan.

2. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai apabila menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.
Muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah ( Provinsi Jawa Barat ) yang dikembangkan di SMPN 4 PAKENJENG adalah :
• Bahasa Sunda
Tujuan : mengembangkan potensi berbahasa Sunda untuk melestarikan bahasa Sunda
• Bahasa Arab
Tujuan : mengembangkan kompetensi berbahasa Arab sebagai sarana berkomunikasi di tingkat global
• Pendidikan Lingkungan Hidup
Tujuan : memahami konsep dan memiliki kesadaran serta kepedulian terhadap lingkungan

3. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibawah bimbingan konselor, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ektsrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni budaya, kelompok tim olah raga dan kelompok ilmiah remaja.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran sehingga penilaiannya dilakukan kualittatif (deskriptif). Berdasarkan hasil analisis potensi, minat, dan bakat peserta didik, serta keberadaan pembina kegiatan, SMPN 4 PAKENJENG memfasilitasi berbagai jenis kegiatan pengembangan diri seperti berikut:
a. Kegiatan pelayanan konseling; membantu siswa berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar (kesulitan belajar) dan pembentukan karir peserta didik (jenjang pendidikan).
b. Kegiatan Pengembangan Pribadi dan Kreativitas peserta didik dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, yang mencakup Kegiatan:
• Olahraga dan (Bola voli, Sepakbola, Tenis Meja, Catur)
• Bela diri (Pencak silat)
• Palang Merah Remaja, dan Pramuka, IPMA
c. Mekanisme pelaksanaan
• Kegiatan pengembangan diri diberikan diluar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dengan dibina oleh guru-guru yang memiliki kualifikasi baik berdasarkan surat keputusan sekolah
• Jadual kegiatan
No Nama Kegiatan Hari Waktu
1 Pelayanan Konseling Selasa-Kamis 08.00 – 12.00
2 Olahraga dan Pencaksilat Jumat-Sabtu 09.00 – 13.00
3 Pramuka Sabtu 09.00 – 13.00
4 PMR Sabtu 09.00 – 13.00
5 IPMA Senin, Jumat 09.00 – 10.00

4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem pengelolaan program pendidikan yang berlaku di SMPN 4 PAKENJENG yaitu menggunakan sistem paket. Sistem paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan mempelajari meteri yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur KURIKULUM SMPN 4 PAKENJENG.
Beban belajar setiap mata pelajaran dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik.
Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran berlangsung selama 40 menit. Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu adalah 36 jam ditambah kegiatan pengembangan diri yang lamanya ekuivalen 2 jam.
Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket adalah antara 0% - 50% dari waktu kegiatan tatap muka pada mata pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai komptensi.
Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka.

5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. SMPN 4 PAKENJENG dalam menentukan kriteria ketuntasan minimal dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake), kompleksitas, dan kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran.
Warga SMPN 4 PAKENJENG secara bertahap dan berkelanjutan selalu meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal. KKM mata pelajaran setiap tingkatan kelas disajikan dalam tabel berikut:


Komponen Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM)
VII VIII IX
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama 68
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahas Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika 60
6. IPA (FISIKA, KIMIA, BIOLOGI) 60
7. IPS (EKONOMI, GEOGRAFI & SEJARAH)
8. Seni Budaya
9. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Muatan Lokal
1. Bahasa Sunda
2. Bahasa Arab
3. Pendidikan Lingkungan Hidup

C Pengembangan Diri B B B

6. Penilaian, Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut.
• Menyelesaikan sekuruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti
• Tidak terdapat nilai dibawah KKM maksimal 3 mata pelajaran pada semester yang diikuti
• Memiliki nilai minimal baik untuk aspek kepribadian, kelakuan dan kerajinan pada semeter yang diikuti
• Presentase kehadiran siswa minimal 90 persen

b. Kelulusan
Kriteria kelulusan SMPN 4 PAKENJENG mengacu pada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus setelah memenuhi persyaratan antara lain:
• menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
• memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
• lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
• lulus ujian nasional.

7. Pendidikan Kecakapan Hidup
KURIKULUM SMPN 4 PAKENJENG menerapkan pendidikan kecakapan hidup (yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional) secara terpadu dan merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.

8. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik.
Melalui analisis potensi dan kebutuhan daerah, serta analisis potensi sekolah yang meliputi SDM dan sarana prasarana, SMPN 4 PAKENJENG menetapkan pengajaran bahasa sebagai keunggulan lokal sekaligus keunggulan global.

C. Standar Kompetensi Lulusan
1. Standar Kompetensi Lulusan SMPN 4 PAKENJENG
a. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
b. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
c. Menunjukan sikap percaya diri
d. Memahami aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
e. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
f. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitat dan sumber-sumber lain secara logis, kritis dan kreatif
g. Menunjukan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
h. Menunjukan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
i. Mendeskripsikan gejala alam dan sosial
j. Memanfaatkan lingkungan yang bertanggung jawab
k. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Repubulik Indonesia
l. Menghargai karya seni dan budaya nasional
m. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
n. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
o. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
p. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
q. Menghargai adanya perbedaan pendapat
r. Menunjukan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
s. Menunjukan keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
t. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah

2. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk SMPN 4 PAKENJENG adalah sebagai berikut:
a. Pendidikan Agama Islam
1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
2. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
3. Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
4. Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
5. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara

b. Pendidikan Kewarganegaraan
1. Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
3. Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab
4. Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
5. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
6. Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah
7. Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
8. Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya

c. Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan
4. Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen.

d. Bahasa Inggris
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.

3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

e. Matematika
1. Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
5. Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama

f. Ilmu Pengetahuan Alam
1. Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh
2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem
3. Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup
4. Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya
5. Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

g. Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia
3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
8. Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya
9. Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

h. Seni Budaya
Seni Rupa
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.

Seni Musik
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan kelompok
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan kelompok

Seni Tari
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara

Seni Teater
1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
4. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara.

i. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2. Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat
3. Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung
4. Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana
5. Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik
6. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba.

j. Keterampilan
Kerajinan
1. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat serta teknik butsir dan cetak dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
2. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
3. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan anyaman dan makrame
4. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
5. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik sayat dan ukir dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya

Teknologi Rekayasa
1. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat penerangan dan alat yang menimbulkan suara dengan listrik arus lemah (baterai)
2. Mengapresiasi dan menerapkan karya teknologi rekayasa penjernihan air dengan teknologi mekanis dan teknologi kimia
3. Mengapresiasi dan membuat benda teknologi rekayasa alat yang berputar secara mekanis dan digerakkan dengan listrik

Teknologi Budidaya
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelor dan bibit hewan unggas
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya tanaman obat dan tanaman hias yang menggunakan media tanah
3. Mengapresiasi dan menerapan teknologi budidaya ikan air tawar dan ikan hias air tawar di dalam kolam

Teknologi Pengolahan
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan manisan basah dan kering bentuk padat dari bahan nabati
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan mentah nabati dan hewani dengan cara diasinkan
3. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan nabati dan hewani dengan cara dikeringkan

k. Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang
2. Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer
3. Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana
4. Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi

0 komentar:

Posting Komentar